My Books

Buku 1

Asrudin Azwar, dkk, Refleksi Teori Hubungan Internasional: dari Tradisional ke Kontemporer, (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2009).

reflleksi-teori-hubungan-internasional

Endorsement

Fenomena hubungan internasional semakin lama semakin mendekat ke persoalan sehari-hari penduduk di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Cara kita menjalani kehidupan sehari-hari sangat jelas dipengaruhi oleh kejadian-kejadian di arena internasional. Keberhasilan kita untuk memenuhi kebutuhan fisik, seperti pangan, sangat ditentukan oleh fenomena internasional. Upaya kita untuk menjadi pintar, juga sangat terkendala oleh banyak hal yang terjadi di luar wilayah kita. Itu berarti bahwa kita mesti belajar untuk memahami apa yang sebenarnya terjadi di luar sana. Kita mesti belajar mendiskripsikan apa yang terjadi. Mencoba mengerti mengapa itu terjadi dan bagaimana mengatasi dampaknya terhadap kehidupan kita. Karena itulah saya menyambut dengan gembira penerbitan karya-karya seperti yang terhimpun dalam buku ini: Refleksi Teori Hubungan Internasional: dari Tradisional ke Kontemporer. Buku yang tidak hanya menyajikan analisis ilmiah, tetapi juga menyajikan perspektif nilai mengenai apa yang mesti dilakukan sehingga kehidupan di arena internasional itu bisa relevan dan bermanfaat bagi upaya manusia menyelesaikan masalah keseharian mereka.

Prof. Dr. Mohtar Mas’oed

(Guru Besar Hubungan Internasional, Universitas Gadjah Mada/UGM)

_______________

Buku 2

Asrudin Azwar, dkk, Metodologi Ilmu Hubungan Internasional: Perdebatan Paradigmatik dan Pendekatan Alternatif, (Malang: Intrans Publishing, 2014).

10678821_720389911372487_379743996647128198_n

Endorsement

Buku ini sangat bermanfaat tidak hanya bagi mahasiswa hubungan internasional tetapi juga para dosen yang mengajar mata kuliah ini. Para penyunting: Asrudin Azwar, Mirza Jaka Suryana, dan Musa Maliki, telah bekerja keras untuk menyusun secara sistematis tema-tema yang relevan dalam mempelajari metodologi hubungan internasional. Keragaman latar belakang paradigmatik dari para penulisnya menunjukkan bahwa para penyunting telah mencoba menampilkan perkembangan terbaru dalam perdebatan tentang masalah metodologi dalam hubungan internasional.

Prof. Aleksius Jemadu, Ph.D

(Guru Besar Politik Internasional, Universitas Pelita Harapan/UPH)

_______________

Buku 3

Asrudin Azwar, Teori Perdamaian Demokratis, (Malang: Intrans Publishing, 2016).

teori-dan-perdamaian-868x1024

Endorsement

Buku ini mengisi kekosongan literatur mengenai demokrasi diskursif (demokrasi sebagai wacana) yang sangat dibutuhkan oleh mereka yang sedang mempelajari teori-teori liberal-institusionalisme dalam studi Hubungan Internasional dan mereka yang ingin mendalami keterkaitan antara demokrasi dan perdamaian. Secara khusus, buku ini memberikan ulasan komprehensif dan kritis terhadap kelebihan dan kekurangan teori perdamaian demokratis (democratic peace theory) yang menyatakan bahwa negara-negara demokratis hampir tidak pernah terlibat peperangan satu sama lain karena negara demokratis (yang meletakkan kekuasaan tertinggi di tangan rakyat) sulit untuk menyatakan perang, berkecenderungan untuk menyelesaikan konflik melalui jalur diplomasi, dan bersikap bersahabat dengan negara yang memiliki karakter politik yang sama aebagaimana dinyatakan oleh Thomas Paine (1776), Immanuel Kant (1795), dan Michael Doyle (1983). Dengan menampilkan ulasan tokoh-tokoh klasik seperti Michael Doyle, Bruce Russett, Christoper Layne, dan David E. Spiro, kehadiran buku ini akan memperkaya khazanah perdebatan mengenai perdamaian demokratis dalam ilmu Hubungan Internasional.

Prof. Bob Sugeng Hadiwinata, M.A., M.Phil., Ph.D.

(Guru Besar Hubungan Internasional, Universitas Parahyangan)

_______________

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s